Inilah Urutan Skincare Pagi yang Tepat dan Wajib Dilakukan

Dalam rutinitas perawatan kulit, urutan penerapan produk memiliki peranan penting untuk memastikan setiap produk bekerja dengan efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi kulit. Apalagi di pagi hari, saat kita mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan sehari-hari, kulit kita juga membutuhkan perlindungan dan nutrisi khusus.

Mungkin Anda sering bertanya-tanya, urutan apa yang tepat untuk skincare pagi? Mari kita jelajahi langkah demi langkah untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

1. Sabun Cuci Muka

Mungkin Anda berpikir, “Kenapa harus mencuci muka di pagi hari? Bukankah itu mengusir minyak alami wajahku?” Eits, tunggu dulu! Di balik lelap tidur Anda, bantal Anda bisa jadi sarang bagi bakteri yang dengan senang hati menempel di wajah Anda.

Promo Tokopedia Terbaru

Dr. Rachel Nazarian, sang ahli kulit dari New York, menegaskan Jika Anda ingin merawat wajah dengan rangkaian skincare di pagi hari, maka mulailah dengan membersihkan wajah. Ritual ini tak hanya menjauhkan Anda dari risiko infeksi, tapi juga mengejar tanda-tanda penuaan yang tak diundang.

Ingat, saat mencuci muka, lakukan dengan gerakan yang menenangkan, seakan Anda sedang menari, dan gunakan pembersih sesuai jenis kulit Anda.

2. Eksfoliasi

Skincare, ibarat simfoni, memerlukan ritme dan urutan yang tepat. Namun, eksfoliasi memerlukan sentuhan khusus. Bagi sebagian, eksfoliasi pagi adalah kunci mengusir sel kulit mati yang menjadi biang keruh penampilan kulit.

Namun, dr. Karyn Grossman, seorang dermatologist Amerika, memberi catatan banyak orang memilih produk ‘berotot’ di malam hari seperti retinol, yang jika dikombinasikan dengan eksfoliasi bisa jadi resep iritasi.

Jika Anda memutuskan untuk menjalani eksfoliasi pagi, maka lakukan 1-2 kali seminggu untuk memaksimalkan keajaiban. Tapi, ingat pesan dr. Grossman Pilihlah produk eksfoliasi yang lembut, hindari scrub kasar yang bisa membuat kulit Anda protes keras-keras.

3. Toner

Mengira pekerjaan Anda selesai setelah cuci muka? Tunggu dulu! Langkah selanjutnya adalah menyihir wajah dengan toner. Toner bekerja layaknya mantra yang mengembalikan keseimbangan kulit Anda yang mungkin saja ‘terganggu’ pasca cuci muka.

Selain itu, toner seperti palu ajaib yang mengangkat sisa kotoran dan sel kulit mati yang membandel. Plus, toner mempersiapkan panggung untuk perawatan selanjutnya agar dapat tampil optimal.

Promo Shopee Terbaru

Cara memakainya? Anggap saja seperti memainkan petikan harpa: tepuk-tepuk pelan di wajah atau tuang ke kapas lalu usap dengan lembut.

4. Essence

Langkah berikutnya dalam sinfoni kecantikan Anda adalah essence. Dengan essence, seluruh rangkaian skincare Anda seolah diberi mantra tambahan untuk meresap sempurna.

Bayangkan saja, di dalam essence terdapat bahan-bahan ajaib seperti hyaluronic acid, vitamin C, dan lainnya yang menunggu untuk memanjakan kulit Anda. Pilih essence sesuai dengan karakter kulit Anda, dan rasakan sihirnya.

5. Serum

Berpindah ke langkah selanjutnya, saatnya memberikan wajah Anda booster khusus dengan serum. Bayangkan serum sebagai minuman energi bagi kulit Anda, dengan bahan-bahan aktif pekat yang siap menarget masalah-masalah spesifik seperti jerawat, kerutan, atau flek hitam.

Oleskan serum dengan gerakan yang lembut dan penuh cinta ke seluruh wajah dan leher Anda. Setelah itu, beri waktu untuk serum mempesona kulit Anda sebelum Anda melanjutkan tarian skincare Anda.

6. Pelembap

Jangan pernah meremehkan kekuatan sihir dari pelembap! Ada anggapan salah kaprah bahwa kulit berminyak tak butuh pelembap. Nyatanya? Seperti pasukan pelindung, pelembap berjaga-jaga memastikan benteng kulit Anda tetap teguh, menjauhkan dari serangan kekeringan atau pabrik minyak berlebihan.

Ia adalah pahlawan yang menjaga kelembapan kulit Anda, memberikan kilau alami, dan membuat tata rias Anda seolah-olah dilukis oleh ahli. Setelah mengaplikasikan serum, biarkan dia meresap dulu, lalu panggillah sihir pelembap Anda.

7. Sunscreen

Dengar baik-baik, Penyihir Kecantikan! Meski Anda memiliki koleksi sihir skincare terbaik di dunia, tanpa tameng ajaib bernama sunscreen, semuanya akan sia-sia.

Bayangkan saja, sinar UV adalah musuh bebuyutan yang bisa menghancurkan kesempurnaan kulit Anda mengubah warnanya, membuatnya kering, memunculkan jerawat, bahkan mempercepat jam pasir penuaan Anda.

Mengingat Indeks UV di Indonesia bagai naga yang bersemayam, melindungi diri Anda dengan sunscreen setiap hari adalah keharusan! Jika Anda telah menerapkan banyak mantra skincare sebelumnya, pastikan mereka telah menyelesaikan tugas mereka sebelum Anda mengaktifkan tameng ajaib Anda, agar tidak terjadi ‘pertempuran’ di antara mereka.

Memahami urutan yang tepat dalam pengaplikasian produk skincare di pagi hari bukan hanya tentang estetika, tetapi juga kesehatan dan kesejahteraan kulit Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah dengan urutan yang benar, Anda memastikan bahwa setiap produk dapat meresap dengan baik dan bekerja dengan maksimal.

Jadi, jangan lewatkan setiap tahapan penting yang telah kita bahas. Jadikan ini sebagai ritual harian Anda dan rasakan perbedaan positif pada kulit Anda setiap harinya. Kulit sehat adalah refleksi dari perawatan yang konsisten dan tepat. Selamat menjalani rutinitas skincare pagi Anda!

Related Articles