Inilah Urutan Skincare Malam yang Benar dan Aman

Ketika malam tiba, kulit kita memasuki fase regenerasi yang kritis, memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi selama siang hari dan mempersiapkan diri untuk hari berikutnya.

Dalam konteks ini, rutinitas skincare malam tidak hanya bertujuan untuk membersihkan dan melembabkan, tetapi juga mendukung proses regenerasi kulit tersebut.

Bagaimana cara memberikan nutrisi optimal pada kulit di saat-saat krusial ini? Apa urutan skincare malam yang benar dan aman? Mari kita telusuri bersama.

Promo Tokopedia Terbaru

1. Makeup Remover

Setelah berhari-hari bergulat dengan dunia, dengan seni rias yang menemani, saatnya untuk mengembalikan kulit ke bentuk aslinya.

Jangan terkecoh, sihir sabun cuci muka biasa mungkin tak mampu menyapu bersih segala perangkap kosmetik yang menempel di wajah, terutama yang bertabur mantra anti air. Pilihlah Elixier Pembersih, apakah yang berbasis air atau minyak, sesuai dengan karakter kulit Anda.

2. Cleanser atau Pembersih Wajah

Mungkin Anda berpikir, “Ah, setelah Elixier Pembersih, wajahku pasti sudah bebas dari segala jejak!”. Tapi tunggu dulu, Penyihir Kecantikan! Masih ada beberapa ‘monster’ kotoran dan minyak yang bersembunyi.

Pembersih Wajah, si Cleanser, hadir untuk menuntaskan misi. Dengan gerakan pijat magis, dia membasmi setiap partikel kotoran yang bersembunyi. Dan jika Anda mencari pendekar paling tangguh, Himalaya Gentle Exfo Daily Face Wash 50 mL, dengan ‘pedang’ scrub lembutnya, siap memerangi kotoran dan minyak.

Buatan brand Himalaya ini, dia adalah pahlawan untuk kulit berminyak dan selalu siap bertarung setiap hari!

3. Eksfoliasi

Bergabunglah dalam pesta pembersihan pori-pori, tetapi jangan terlalu sering! Mengapa? Karena terlalu sering berselancar di gelombang eksfoliasi bisa merusak benteng pertahanan kulit kita, si skin barrier.

Satu hingga tiga kali seminggu adalah frekuensi ideal. Dengan eksfoliasi, kita mengajak sel kulit mati dan kotoran yang bersembunyi untuk meninggalkan pesta. Ada dua jenis DJ di pesta ini: Chemical Exfoliator, dengan hits AHA, BHA, dan retinol yang mampu menggoyang pori-pori, dan Physical Exfoliator, sang maestro scrub yang menggoda kulit untuk beregenerasi.

Promo Shopee Terbaru

Namun, ingatlah untuk selalu bersikap lembut; tak perlu menggosok terlalu keras atau terlalu sering, terutama ketika ada tamu tak diundang, si jerawat.

4. Toner

Langkah selanjutnya dalam parade kecantikan kita adalah Toner. Bayangkan ia sebagai sang conductor di orkestra kecantikan, membawa harmoni pH pada kulit sehingga bisa bernyanyi dengan indah.

Meskipun beberapa merasa ia seperti extra yang tak terlalu penting, percayalah, di balik layar, toner bekerja keras untuk membuat kulit tetap lembap dan dinyanyikan dengan sempurna di alam mimpi.

Dalam memilih toner, carilah yang layaknya minuman mocktail: tanpa alkohol dan penuh dengan esensi alami. Aplikasikan dengan kapas, seperti menyentuhkan sentuhan terakhir pada simfoni kulit malam Anda.

5. Serum

Bayangkan serum sebagai jimat sihir untuk kulitmu! Meskipun ia seperti pelengkap yang bisa diabaikan, jangan salah sangka. Sebab, dengan sentuhan rutin, sihirnya mampu menyegarkan, memperkaya, dan menjanjikan masa depan kulit yang awet muda.

Dibandingkan dengan toner, formulanya lebih mirip nektar para dewi, kaya akan nutrisi dengan konsentrasi tinggi untuk meremajakan kulit. Apa pun tantangan kulitmu – kelembapan, pencerahan, penuaan, atau jerawat – ada elixir serum yang sesuai untuk itu.

Misalnya, Olay Regenerist Night Serum Retinol 24, yang membangkitkan kekuatan kolagen, mengajak kulitmu berdansa dalam kenyalan dan memudarinya dari jejak waktu.

6. Eye Cream

Kulit di sekitar mata kita layaknya kanvas tipis yang mudah tersentuh oleh sentuhan waktu. Inilah kenapa eye cream adalah penjaga yang diutamakan dalam pertunjukan kecantikan malam hari.

Ingin mata yang tampak selalu awet muda dan ceria, bebas dari lingkaran pesona hitam dan garis-garis kecil cerita? Inilah saatnya berinvestasi dalam krim mata.

Lebih ringan dari mimpi, gunakan sebelum night cream, dengan sentuhan lembut seolah menyapukan bintang-bintang di langit malam. Bagi mata, bagian yang selalu menjadi sorot, berikanlah ia kado yang pantas untuk terus bersinar.

7. Moisturizer atau Night Cream

Pernahkah kamu membayangkan kulitmu memakai gaun malam paling mewah? Inilah peran night cream, pakaian terakhir dalam ritual kecantikanmu yang elegan. Ia adalah penjaga yang melindungi dan memeluk erat setiap esensi perawatan yang telah kamu aplikasikan.

Sebagai penutup manis, ia juga menggenggam misteri regenerasi dan keabadian, menjauhkan jejak penuaan. Dengan night cream, kau bangun keesokan harinya dengan kulit yang bersemangat, kenyal, dan dipenuhi dengan semangat pagi.

Dalam memilih gaun malam ini, kenali jenis kulitmu. Kulit kering memerlukan gaun tebal dan lembut, sementara kulit berminyak lebih cocok dengan gaun tipis berbahan gel. Kulit normal? Oh, dia bisa tampil mempesona dalam gaun apapun!

8. Face Mask (Masker wajah)

Masker wajah, seperti oase di tengah padang pasir; sebuah liburan singkat namun mewah bagi kulitmu. Meskipun bukan sebuah tiket wajib dalam perjalanan kecantikan, masker yang diterapkan 3-4 kali seminggu menjadi ritual yang mengubah semuanya.

Bayangkan, kulit yang lebih cerah, kenyal, dan bercahaya bagai matahari pagi setelah hujan. Untuk masker lembaran, ia bisa berperan sebagai permaisuri yang menggantikan essence, serum, dan moisturizer.

Tetapi, jika memilih masker berjenis lumpur, berhati-hatilah agar tidak mengeringkan kulitmu. Bagi mereka yang mengejar kilauan cerah, cobalah Mustika Ratu Masker Bengkoang. Oleskan bagai peluk mesra, bilas, dan lanjutkan dengan serenata keindahan malam.

Mengedepankan rutinitas skincare malam dengan urutan yang benar dan aman memungkinkan kulit kita untuk memaksimalkan fase regenerasi, memperbaharui sel, dan mengembalikan elastisitasnya. Setelah memahami dan menerapkan setiap langkah dengan hati-hati, Anda akan bangun dengan kulit yang lebih sehat, kenyal, dan bercahaya setiap paginya.

Ingatlah bahwa kualitas tidur Anda berdampak langsung pada kesehatan kulit Anda, dan rutinitas skincare malam yang tepat dapat meningkatkan manfaat tersebut. Selamat beristirahat dan biarkan kulit Anda beregenerasi dengan sempurna di bawah perawatan yang benar dan aman.

Related Articles