Tips Mencegah dan Membersihkan Kaca Mobil Buram Akibat Jamur

Pada musim hujan kadang kaca mobil terlihat agak buram. Meski pemilik telah merawat fisik mobilnya secara baik, tetap saja kaca buram terus terjadi. Nah keadaan ini biasanya dipicu oleh kehadiran jamur yang melekar di permukaan kaca. Pada musim hujan yang kelembabannya sangat tinggi, jamur ini mudah berkembang.

Selain itu mineral tinggi yang ada pada air menimbulkan endapan-endapan di kaca. Endapan inilah yang kemudian menjadi media pertumbuhan jamur di kaca. Kaca yang buram akibat jamur snagat menganggu pandangan kala berkendara.  Untuk mengatasi kaca buram akibat jamur, coba saja tips berikut ini yang dikutip dari laman Detik Oto:

Tempatkan mobil di area yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung sewaktu akan mencuci kacanya. Awali  membersihkannya dari kaca depan dan berangsur menuju ke belakang.

Promo Tokopedia Terbaru

Cek komponen pada wiper. Jika keadaannya kotor dan ada flek, lakukan pembersihan memakai cairan khusus. Selanjutnya, keringkan memakai lap kering sehingga sisa air pencucian tidak merangsang pertumbuhan jamur.

Bersihkan kaca mobil memakai air dan cairan antijamur. Tapi sebelumnya, pastikan produk antijamur yang dipakai telah sesuai dengan spesifikasi kaca mobil Anda. Setelah dibersihkan , lakukan pengeringan memakai kain microfiber. Cek pula bahwa lap yang dipakai sudah ebas dari partikel yang bisa menimbulkan baret.

Jika hasilnya kurang maksimal, ulangi proses pencucian  sampai benar-benar bersih.

Selain itu, sebaiknya mobil segera dicuci usai terguyur air hujan. Minimal, Anda membersihkan kacanya memakai lap kanebo basah. Hindari untuk memarkir mobil terkena sinar matahari langsung.

Related Articles