Ini Tanda Jika Kulit Anda Sehat

Merawat kulit bisa dikatakan gampang-gampang susah, sebab ada banyak masalah dari luar yang bisa menyebabkan kulit yang telah dirawat menjadi rusak lagi. Misalnya polusi, air yang kotor, stres, dan lainnya. Karena itu kulit yang sehat adalah hal yang menjadi anugrah bagi semua orang, sebab kulit sehat tak hanya baik bagi kecantikan namun juga bagi kesehatan.

Secara umum, jenis kulit manusia ada 4 yaitu kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, serta kulit kombinasi dari jenis tersebut. Cara perawatan ke 4 jenis kulit di atas tentu saja tak sama.

Misalnya kulit yang kering, penggunaan pembersih dengan bahan yang mengandung pelembab akan dianjurkan. Selain itu kulit kering harus dilindungi dari terpaan sinar matahari yang ekstrem, suhu dingin ekstrem, serta angin, sebab cenderung sensitif dan mudah mengalami kerusakan.

Promo Tokopedia Terbaru

Atau jenis kulit berminyak untuk tidak memakai jenis pembersih atau produk perawatan yang mengandung terlalu banyak minyak atau pelembab, sebab akan menyebabkan kulit menjadi berjerawat dan kusam.

Namun demikian, dari ke 4 jenis kulit tersebut memiliki ciri yang hampir sama secara keseluruhan mengenai tanda sehatnya. Kulit yang sehat akan memberi ciri yang sama, yaitu:

  1. Warna akan cerah dan merona. Apapun warna kulit Anda, apakah coklat, kuning langsat, putih, atau hitam, maka ia akan terlihat indah dan cerah.
  2. Mulus dan tanpa noda. Bila kulit seseorang sehat, maka ia akan terlihat mulus, lembut, tidak berjamur atau berpenyakit lainnya. Ia juga tak bernoda atau berjerawat.
  3. Terlihat segar. Jenis kulit apapun, jika ia tergolong sehat maka akan selalu terlihat segar dan tidak kering atau kusam.
  4. Kenyal dan kencang. Kulit sehat akan terpelihara elastisitasnya, sehingga tidak tampak kering, namun terlihat kenyal dan lembab serta kencang. Kelembapan kulit juga terjaga dengan baik.
  5. Kerutan sesuai usia. Adanya kerutan tanda penuaan itu merupakan hal yang wajar, selama sesuai dengan usia Anda. Namun Anda tentu dapat menguranginya dengan cara alami dan sehat.

Related Articles