Tak Selalu Manis, Ini Makanan yang Memicu Penyakit Diabetes

Saat ini di seluruh dunia sekira 245 juta orang mengidap penyakit diabetes. Di Indonesia sendiri angka penderitanya makin bertambah tiap tahun. Pemicu seseorang bisa mengalami penyakit ini antara lain adalah gaya hidup dan pola makan tidak sehat.

Ternyata diabetes tidak selalu terjadi akibat gemar mengonsumsi makanan manis saja. Ada beberapa jenis makanan lain yang juga merupakan pemicu penyakit ini. Akibat dari perpaduan dua hal tersebut, gaya hidup tidak sehat dan makanan itu, maka insulin dalam tubuh tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Pada European Journal of Nutrition terungkap bahwa makanan cepat saji turut ambil bagian dari penyebab diabetes tipe 2. Selain itu, berikut beberapa jenis makanan lain yang perlu diwaspadai seperti dilansir oleh laman CNN:

Promo Tokopedia Terbaru

Karbohidrat Olahan

Makanan dari karbohidrat olahan membuat nutrisi lain yang ada di dalamnya rusak atau hilang. Akibatnya Anda hanya dapat karbohidrat dalam jumlah besar tanpa gizi lain. Apalagi makanan jenis ini cepat dicerna dan menaikkan kadar gula darah dalam waktu singkat. Contoh karbohidrat olahan adalah roti, biskuit, pasta, mie instan yang terbuat dari tepung.

Minuman Manis

Minuman manis sudah tentu mengandung gula tinggi. Gula adalah faktor penyebab terjadinya resistensi insulin atau tak berfungsinya insulin dengan benar. Efek dari hal itu, muncul penyakit diabetes tipe 2.

Makanan dengan Lemak Trans dan Lemak Jenuh

Makanan tersebut dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah, yang pada akhirnya berimbas menjadi diabetes tipe 2. Contohnya adalah makanan seperti daging, mentega, susu, dan keju. Selain diebetes, Anda juga beresiko mengalami obesitas.

Daging Merah

Daging merah, baik yang langsung dimasak atau dalam bentuk olahan seperti sosis, burger, kornet, dan lainnya dapat memicu diabetes. Studi yang telah dipublikasi dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa 3 ons daging merah yang dikonsumsi per hari meningkatkan kemungkinan terjadi diabetes tipe-2 hingga 19 persen.

Related Articles