Keuntungan Menggunakan Velg Alloy pada Motor

Motor yang menggunakan velg jenis alloy makin banyak penggemarnya. Velg alloy disebut juga velg racng yang memiliki ciri khas tersendiri dari bentuknya. Dibanding dengan velg jari-jari (spoke wheels), velg alloy juga memiliki beberapa keunggulan.

Dikutip dari laman Viva, kelebihan pertatama yaitu velg alloy punya kekuatan yang lebih baik ketimbang velg jari-jari. Pada velg ally digunakan dua jenis logam yang dipadukan sehingga menjadikannya lebih kuat. Logam tersebut makin membuat velg terasa lebih keras dan kokoh. Selain itu, velg alloy juga tidak bisa bengkok sebagaimana yang terjadi pada velg jari-jari. Bibir velg sampai ke penghubung poros di roda sama kokohnya.

Keunggulan selanjutnya dari velg alloy adalah berat kendaraan menjadi lebih ringan. Velg alloy memiliki kandungan bahan yang tidak terlampau berat. Saat berat kendaraan menjadi lebih enteng, maka berpengaruh pada peningkatan akselerasi motor. Sifat kokoh pada velg ini turut menjanjikan kestabilan dalam mengendalikan motor.

Promo Tokopedia Terbaru

Velg alloy tdak mengalami perubahan elastisitas walaupun motor dipacu pada aspal yang tidak mulus. Daya cengkeram ban tetap optimal dengan kondisi elastisitas yang stabil.

Keunggulan lainnya yaitu lebih gampang untuk dibersihkan. Pasalnya, bentuk velg ini cukup sederhana. Proses membersihkan dari debu atau mungkin minyak bisa dilakukan lebih singkat. Jenis cat yang diterapkan untuk mewarnai velg berasal dar bahan khusus yang bersahabat dari sisi kebersihan. Satu lagi, velg alloy cocok diterapkan untuk ban jenis tubeless atau tidak menggunakan ban dalam. Saat ban kena paku maka perbaikannya menjadi lebih mudah dan efisien.

Related Articles