Apa Hebatnya Pakai Helm Premium yang Harganya Mahal?

Ada banyak pilihan helm yang dijual di pasar domestik. Satu hal yang disyaratkan yaitu minimal telah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun selain memenuhi kaidah SNI, banyak pula helm mahal yang memiliki safety lebih tinggi dari versi helm SNI biasa. Kira-kira apa saja kelebihan helm mahal tersebut dari helm pada umumnya?

Mengutip dari laman Viva yang melansir dari Bikesindia, helm mahal yang punya tingkat keamanan tinggi memang layak diperhitungkan untuk dipilih. Helm tersebut telah melalui beragam proses teknologi sehingga mampu melindungi kepala secara maksimal saat mengalami kecelakaan. Bahkan, teknologi itu dibuat hingga pengendara pun seolah tidak merasakan benturan apapun di kepalanya sekalipun terjadi cukup keras.

Mahalnya helm premium ini dibayar dengan kualitasnya yang maksimal. Helm premium seringkali diproduksi menggunakan beberapa tahapan pelapisan. Lapisan paling luar kerap diterapkan bahan dari serat karbon. Serat ini diyakini memiliki kekuatan optimal namun dengan bobot bahan ringan. Tahukah Anda, serat karbon pada helm mahal tidak akan mengalami perubahan bentuk sekalipun terjadi benturan pada aspal.

Promo Tokopedia Terbaru

Sebagian produsen premium bahkan menambahkan bahan zylon pada produk mereka. Ini adalah material yang kerap dipakai pada lapisan rompi antipeluru. Di lapisan lebih dalam lagi ditambahkan lapisan empuk peredam guncangan sampai 50 persennya saat terjadi benturan. Nah sisa getaran guncangan bakal diredam lagi oleh lapisan ketiga pada bagian lebih dalam lagi yang disebut crumple zone.

Dengan demikian semua energi yang muncul dari hasil benturan mampu diredam dengan menyebarkannya ke beberapa lapisan pada helm. Inilah yang membuat pengendara serasa tidak mengalami guncangan di kepalanya saat memakai helm premium tersebut.

Lapisan paling dalam yaitu terdiri dari busa tebal. Nah di sela-sela antara busa tebal dan crumple zone masih ada lagi lapisan keras yang gunanya agar struktur helm makin kuat. Jadi tidak rugi kan punya helm mahal kelas premium?

Related Articles