Inilah Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Kolesterol tinggi adalah salah satu kondisi kesehatan yang seringkali disebut sebagai “pembunuh diam-diam”. Pasalnya, banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak menyadarinya sampai mereka mengalami komplikasi serius.

Meskipun kolesterol sendiri diperlukan oleh tubuh, namun jika berlebihan, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui dan mengenali gejala awal dari kolesterol tinggi.

Dengan pengetahuan ini, kita bisa melakukan pencegahan sejak dini. Inilah beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu Anda waspadai.

Promo Tokopedia Terbaru

1. Terdapat Benjolan di Sekitar Mata (Xanthoma)

Mungkin Anda pernah mendengar tentang Xanthoma? Ini bukanlah sebuah tato alam, melainkan kumpulan lemak kecil yang muncul di bawah kulit. Yang menarik, lemak ini kadang menampakkan diri sebagai benjolan kekuningan, seringkali mengintai di daerah kelopak mata.

Meskipun tampak biasa dan tak mengganggu, perlu diketahui bahwa xanthoma bisa menjadi isyarat dari badai kolesterol tinggi atau bahkan diabetes yang sedang menghampiri.

2. Mudah Lelah

Merasa cepat lelah bukan hanya karena malam yang kurang tidur. Plak yang menebal di pembuluh darah bisa jadi dalang di balik kelelahan Anda, membatasi darah yang mengalir. Ingatlah, kelelahan berlebih bisa menjadi salah satu pesan rahasia dari kolesterol yang meningkat.

3. Nyeri di Bagian Tengkuk

Saat rasa sakit menyelinap di tengkuk, jangan buru-buru anggap sepele. Meskipun ada berbagai alasan di baliknya, kolesterol tinggi mungkin menjadi salah satu provokatornya. Penumpukan plak di leher mungkin sedang berbisik, memperingatkan Anda tentang gangguan aliran darah menuju otak.

4. Otot Tubuh Melemah

Bayangkan otot Anda seperti mesin yang membutuhkan bahan bakar. Saat kolesterol merajalela, aliran darah yang membawa ‘bahan bakar’ itu terhambat. Akibatnya? Otot Anda mulai protes dengan menunjukkan tanda-tanda kelemahan.

Semua tanda ini adalah pesan tubuh Anda yang mengatakan, “Aku butuh perhatian lebih!”. Jadi, dengarkanlah pesan-pesan rahasia dari tubuh Anda.

5. Nyeri Dada

Dari sudut pandang Medical News Today, nyeri dada bisa jadi lakon dramatis tubuh menunjukkan pertanda kolesterol merajalela. Bayangkan arteri sebagai jalur kereta yang mulus, tapi tiba-tiba ada endapan yang menghambat. Plak kolesterol berperan sebagai penghalang, membatasi aliran darah dan membuat dada kita ‘berteriak’ dengan rasa sakit.

Promo Shopee Terbaru

6. Penurunan Nafsu Makan

Nafsu makan tiba-tiba menurun bisa jadi petunjuk misterius dari tubuh Anda tentang adanya kolesterol yang sedang ‘menggeliat’. Meskipun sering terlewatkan dalam radar perhatian kita, gejala ini sebenarnya sedang berbisik, “Ada yang tidak beres di sini.

” Maka dari itu, jika Anda memiliki bayang-bayang kolesterol di masa lalu, segeralah beraksi dengan tes kolesterol. Lebih cepat tanggap, lebih baik!

7. Tangan atau Kaki Sering Kesemutan

Saat tangan atau kaki Anda bermain drama dengan kesemutan yang sering, mungkin itu adalah pesan tersembunyi dari kadar kolesterol yang menari-nari. Bayangkan aliran darah seperti sungai yang jernih, namun keberadaan kolesterol membuatnya lebih kental, mengacaukan ritme aliran ke saraf dan menciptakan efek kesemutan yang ‘nakal’.

Jadi, apa yang tubuh Anda coba ceritakan? Dengarkan dengan saksama dan tangani dengan cepat!

8. Suka Mengantuk

Mengapa mengantuk sering muncul meski matahari masih bersinar terang? Terkadang, bukan hanya efek dari malam yang melelahkan, tapi juga bisa jadi ‘bisikan’ dari kolesterol yang tidak bermain cantik. Kala pembuluh darah tersumbat, sang otak mendapat asupan oksigen yang kurang maksimal, seolah mengajak Anda untuk beristirahat lebih cepat.

9. Disfungsi Ereksi

Buat para pria, kolesterol tinggi bisa jadi ‘musuh’ yang mengancam. Plak nakal yang mengepung aliran darah pun membuat vitalitas pria berada dalam bahaya.

Bayangkan sebuah sungai dengan arus yang terhalang oleh batu besar, itulah gambaran aliran darah menuju area genital ketika kolesterol tinggi. Efeknya? Vitalitas pria jadi berkurang dan disfungsi ereksi bisa menyapa.

10. Rasa Sakit Pada Rahang

Mungkin Anda bertanya, apa hubungannya rahang dengan kolesterol? Menurut American Heart Association, rasa sakit di rahang bisa jadi peringatan dini dari serangan jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Saat rasa sakit misterius muncul di rahang, mungkin itu adalah alarm dari tubuh yang mengatakan, “Ada yang tidak beres di sini.” Jangan tunda, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Dengan demikian, tubuh Anda seakan menjadi panggung drama, memberikan pertanda melalui gejala yang tak boleh Anda abaikan. Sebaiknya, jangan tunda untuk memeriksakan diri.

Mengetahui dan memahami gejala kolesterol tinggi adalah langkah pertama dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda. Dengan deteksi dini, Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dan pengobatan yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Selalu ingat, pencegahan adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan jangka panjang. Jangan tunggu sampai gejala menjadi parah; lakukan pemeriksaan rutin dan pastikan Anda menjalani gaya hidup yang sehat. Kesehatan adalah investasi terbaik yang bisa Anda berikan untuk diri Anda sendiri dan orang-orang yang Anda cintai.

Related Articles