Begini Cara Merawat Knalpot Motor Biar Awet Lama

Knalpot memiliki fugsi penting bagi kendaraan bermotor. Dari lubang knalpot akan dibuang sisa hasil bakaran dari mesin pembakara dalam. Saluran buang yang ukurannya kecil ini menjadi sangat berharga. Perawatannya juga mesti diperhatikan seperti halnya bagian motor lainnya.

Dikutip dari laman Okezone, perawatan dapat dilakukan dari bagian luar knalpot terutama yang bersentuhan langsung dengan mesin. Dengan membersihkan bagian tersebut diharapkan nantinya tidak muncul karat yang bisa membuat knalpot menjadi keropos.

“Lakukan pembersihan pada bagian dinding luar dari knalpot khususnya yang menempel ke mesin. Khusus untuk knalpot bahan krom pernekel bisa menggunakan pembersih khusus yang dijual di pasaran,” kata Ade Rohman, assistant manager technical training PT Daya Adicipta Mustika (DAM).

Promo Tokopedia Terbaru

Selain itu, perawatan juga sebaiknya dilakukan dengan mengecek pada mesin. Pemilik disarankan selalu melakukan perawatan berkala pada mesin dan sistem bahan bakar. Hal ini diperlukan agar gas buang yang keluar dari knalpot tetap ramah lingkungan. Cara merawat knalpot motor ini cukup mudah untuk dikerjakan sendiri. Jika knalpot tampak kotor, segera bersihkan dan jangan ditunda.

“Cukup lakukan perawatan secara periodik pada bagian mesin dan sistem bahan bakar sehingga emisi gas buang yang keluar dari knalpot sepeda motor tetap ramah lingkungan,” tuturnya.

Related Articles