Travel Antar Kota, Parah.. 2


Share on Facebook
Share on LinkedIn
Bookmark this on Google Bookmarks
Share on StumbleUpon

Sepertinya terlalu panjang kalau artikel ini diisi curhat pengalaman dikecewakan jasa travel antar kota. Pengalaman saya menggunakan jasa travel Malang-Juanda, Malang-Surabaya, Malang-Semarang, Malang Jogja dan berbagai tujuan lainnya sepertinya cukup banyak untuk diceritakan sehingga menjadi terlalu panjang.

Supir travel juga manusia. Jadi daripada berkeluh kesan panjang lebar lebih baik langsung saja saya kemukakan permasalahan yang sering terjadi di dunia travel dan cara mengatasinya. Mudah-mudahan juga bisa jadi bahan perbaikan pelayanan dari pengusaha travel.

BTW, gambar mobil KIA Pregio di artikel ini hanya sebagai ilustrasi. Tidak ada hubungan antara banyaknya KIA Pregio yang digunakan dengan buruknya pelayanan travel di Indonesia. 🙂

Harga Tiket Berbeda

Kejadian seperti ini muncul jika pemesanan tempat duduk dilakukan pertelpon tidak datang langsung ke kantor travel. Waktu menelpon sebaiknya tanyakan nama penerima telpon. Tanyakan juga apakah harga tiket sudah termasuk snack dan makan ditempat peristirahatan. Kemudian waktu mobil travel menjemput jangan langsung naik ke dalam mobil. Konfirmasi dulu dengan supir harga yang disampaikan melalui telpon. Kalau supir bilang hal yang berbeda, resiko membatalkan penggunaan travel masih bisa kita lakukan.

Tambahan Biaya Antar Jemput

Jika alamat penjemputan dan atau pengantaran berada di pinggir kota bersiaplah menerima tambahan tarif antar jemput. Tambahan bisa dikenakan baik saat menjemput maupun mengantar. Perlu diketahui bahwa tambahan ini secara resmi, perjanjian pengusaha travel dan supir, masuk ke dalam kantong pribadi supir. Jadi biaya tambahan ditentukan oleh supir. Bisa juga travel tidak mengenakan tarif tambahan. Biasanya karena alamat yang dituju sangat dekat dengan kantor travel. Jadi sebelum kaki menginjak karpet mobil konfirmasi dengan supir mengenai kemungkinan adanya biaya tambahan.

Tidak Dijemput!!!

Hal seperti ini bisa saja terjadi pada kita tidak sekali dua kali. Saya dan kenalan saya minimal 5 kali ditinggal tidak dijemput oleh jasa travel yang berbeda. Nama calon penumpang tidak ada di daftar penumpang adalah alasan yang paling sering dikemukakan saat kita tanyakan kenapa belum dijemput. Fakta yang paling sering terjadi adalah, supir travel terlambat menjemput penumpang terutama karena kesulitan mencari alamat penumpang sebelumnya. Sehingga waktu habis dijalan sementara kendaraan sudah harus meninggalkan kota. Akibatnya terpaksa harus meninggalkan penumpang terakhir. Bisa juga karena ada masalah dengan kendaraan yang digunakan. Ini agak ribet, pertama kita harus tahu nama penerima telpon. Kedua, 1-2 jam sebelum berangkat lakukan konfirmasi ulang. Ketiga, saat konfirmasi ulang minta no HP supir yang akan menjemput supaya kita tahu posisi terkini supir saat akan menjemput penumpang.

Dioper ke Kendaraan Lain

Pernah mengalami ditengah perjalanan kendaraan berhenti dan penumpang sebagian disuruh pindah? Terpaksa mengangkat barang yang banyak pindah kendaraan yang penuh sesak. Kembali saat akan berangkat memastikan ke supir tidak akan dioper pindah kendaraan. Tapi jangan salah sangka dulu, kadang-kadang dengan pindah kendaraan membuat perjalanan kita menjadi lebih singkat. Kadang supir antar travel saling berkoordinasi saling mencocokan daerah pengantaran. Kalau ada yang bisa dikumpulkan satu daerah yang berdekatan malah lebih baik.

Info Tarif

Sekedar info, tarif resmi travel Malang ke Juanda saat ini antara Rp. 60.000,- sd Rp. 70.000,- tergantung fasilitas dan jumlah penumpang maksimal. Arah sebaliknya Juanda ke Malang biasanya dikenakan tambahan Rp. 10.000,-/orang. Alasannya tambahan itu untuk bayar jasa bandara. Tarif resmi travel Malang Semarang antara Rp. 105.000,- sd Rp. 125.000,-/orang. Umumnya Rp. 110.000,- tanpa makan malam di tempat peristirahatan. Harga jadi Rp. 120.000,- atau Rp. 125.000,- jika sudah termasuk makan malam. Tambahan biaya antar jemput daerah pinggiran Rp. 25.000,- sd Rp. 50.000,- per tujuan.

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *