Promosi dengan Sistem Deposit


Share on Facebook
Share on LinkedIn
Bookmark this on Google Bookmarks
Share on StumbleUpon

Minggu lalu saya menyewa beberapa VCD di persewaan langganan saya. Saat menunggu pelayanan selesai terbaca tulisan di sebuah kertas yang isinya kira-kira ” Deposit Rp. 50.000,- “. Menawarkan pelanggan untuk menitipkan uang senilai tertentu saat itu juga. Kompensasi buat pelanggan adalah pelanggan dapat menyewa VCD sejumlah tertentu selama setahun. Dihitung-hitung pelanggan dapat menyewa VCD dengan harga lebih murah. Selain itu juga tempat persewaan mendapat jaminan bahwa VCD yang sudah dan akan mereka sediakan selama setahun sudah mendapat penyewa.

Setahu saya, sistem deposit seperti ini umum ditemui untuk pembelian pulsa. Margin keuntungan bidang usaha yang satu ini memang sangat tipis sehingga salah satu cara untuk mengatasi kerugian adalah dengan membayar di depan untuk produk yang belum terpakai. Belakangan promosi sistem deposit ini sudah banyak ditemui dijenis usaha lainnya.

Digital printing langganan saya juga sudah menerapkan sistem seperti ini. Seseorang dapat membeli kupon senilai satu juta rupiah. Maka dia berhak mendapat diskon yang saya hitung rata-rata mencapai 25%. Kupon ini berlaku selama setahun dengan syarat tertentu.

Transaksi dengan sistem pembelian minimal, pembelian dengan harga tertentu untuk mendapatkan barang sejumlah tertentu. Semakin besar uang yang dikeluarkan maka semakin banyak barang yang bisa dibeli. Dalam transaksi jenis ini tidak ada batas waktu. Transaksi dilakukan dalam sekali proses.

Sistem deposit. Pembelian barang dengan harga tertentu untuk mendapatkan barang sejumlah tertentu selama jangka waktu tertentu. Ada keuntungan bagi pihak penjual dan pembeli dalam transaksi jenis ini. Bagi penjual dapat menentukan stok aman selama jangka waktu tertentu. Bagi pembeli dapat keringanan harga dan jaminan ketersediaan barang selama jangka waktu tertentu.

Jenis usaha lain yang cocok untuk menjalankan sistem deposit. Saya dapat beberapa jenis usaha.

– Travel. Kupon senilai 1 juta rupiah dapat diberikan dengan masa berlaku selama 1 tahun. Kupon bisa berlaku untuk nama orang yang tertera saja. Tetapi lebih baik fleksibel dapat berlaku untuk siapa saja asalkan mendapat konfirmasi dari pemegang kupon.

– Distribusi makanan dan minuman. Kedua jenis produk ini memiliki masa kadaluarsa sehingga biasanya orang membeli produk ini secukupnya dengan asumsi akan habis sebelum masa kadaluarsa. Mini market dapat menerapkan strategi ini untuk menjaring konsumen. Distributor makanan dan minuman dapat menerapkan sistem ini untuk meningkatkan loyalitas agen.

– Distributor. Lini distribusi pada tingkat Distributor suatu produk dapat menerapkan sistem deposit dalam bertransaksi dengan agennya.

Banyak lagi jenis usaha yang dapat melakukan sistem deposit seperti ini. Depot makanan, penjualan pakaian, aksesoris, dan lain-lain.

Terutama untuk jenis usaha fast moving product. Hal ini cocok diterapkan untuk mencari agen yang lebih banyak dan mengejar omset selama kurun waktu tertentu. Target end user juga dapat dikejar seperti yang dilakukan oleh tempat penyewaan VCD di atas.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *