Pasar Modern Bumi Serpong Damai

Share on Facebook
Share on LinkedIn
Bookmark this on Google Bookmarks
Share on StumbleUpon

Tempat Parkir Pasar ModernKonsep pasar modern mulai bermunculan dewasa ini. Pasar modern muncul sebagai suatu kebutuhan yang mendesak. Terutama karena pasar tradisional terlihat lecek, becek dan kotor. Berbelanja di pasar tradisional sangat dirasa tidak nyaman. Sebagian anggota masyarakat beralih ke supermarket atau hipermarket. Selain nyaman, berbelanja kebutuhan pokok dapat dilakukan sambil jalan-jalan bersama keluarga. Jika tidak diantisipasi dengan segera maka pedagang pasar tradisional akan kehilangan pelanggan.

Bagian Ikan BasahPasar modern Bumi Serpong Damai (BSD) merupakan salah satu pasar yang menyediakan segala macam kebutuhan pokok yang tampil modern dan dikelola secara profesional. Pada bagian tengah diisi oleh lapak tanpa tembok. Mengelilingi lapak-lapak tersebut berdiri kios kecil dengan berbagai ukuran, salah satunya 3x3m. Pada bagian luar tersusun ruko yang terdiri dari dua lantai. Tempat parkir tertata rapi tidak semrawut. Pada malam hari tempat parkir berubah fungsi menjadi kafe tenda. Bisa dibilang penataan ruang pasar modern BSD diatur secara efektif dan sangat fungsional.

Luas Pasar ModernLapak-lapak tempat menjual bahan-bahan kebutuhan pokok. Lapak dibedakan menjadi lapak kering dan lapak basah. Lapak kering digunakan sebagai tempat berjualan sayur, bumbu dapur dan kebutuhan lain yang tidak terlalu menyebabkan pasar menjadi kotor. Lapak basah tempat menjual berbagai jenis ikan dan ayam potong. Hewan hidup yang siap dipotong juga ada. Kios-kios sepertinya disiapkan untuk menyediakan kebutuhan penunjang lainnya. Berbagai kios terlihat berfungsi sebagai tempat menjual sarapan, kue-kue dan peralatan rumah tangga. Ruko yang terletak pada bagian luar digunakan sebagai rumah makan, kantor dan berbagai kegiatan lainnya. Kafe tenda yang buka malam hari terlihat ramai diisi pengunjung yang sedang menikmati makan malam sembari bersantai.

Lantai Pasar BersihMenurut informasi salah satu penyewa kios, kios di sana disewakan di atas 12,5 juta per tahun. Lapak kering tempat berjualan segala macam bahan pokok disewakan sebesar Rp. 600.000,-/bulan. Lapak basah, tempat berjualan ikan basah disewakan dengan harga Rp. 800.000,-/bulan. Murah atau mahal harga sewanya menjadi relatif. Sebagai perbandingan dapat diperhatikan harga-harga barang-barang yang dijual di pasar tersebut. Untuk sarapan mie goreng, bubur ayam dan lainnya harga yang tertulis sekitar 8 ribu sampai 12,5 ribu rupiah. Teh manis hangat dihargai 2 ribu. Jamur tiram seperempat kilogram ditawarkan 5 ribu saja. Makanan yang tersaji di kafe tenda seperti nasi goreng dihidangkan 15-20 ribu rupiah saja. Es teh menjadi 5 ribu rupiah.

One thought on “Pasar Modern Bumi Serpong Damai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>