Martabak Terang Matahari

Share on Facebook
Share on LinkedIn
Bookmark this on Google Bookmarks
Share on StumbleUpon

Terhitung ada 10 gerobak martabak dan terang bulan terlihat di sepanjang perjalanan pulang dari kantor menuju rumah pada sore hari. Jika jalanan lancar, maksudnya agak macet, perjalanan pulang ditempuh kira-kira 30 menit. Entah mengapa disebut dua-duanya. Padahal terang bulan sendiri merupakan martabak jenis martabak manis.

Ada 2 tempat yang terlihat lebih ramai daripada tempat lainnya. Persamaan dua tempat tersebut dari nama yang jelas sudah terkenal. Selain itu, jika terang bulan lain dijual seharga Rp. 8.000,-/porsi maka keduanya berani menaruh harga Rp. 20.000,-/porsi. Rupanya pasar yang berbeda tidak membuat produk mereka menjadi kurang laku. Memang terang bulan dan martabak yang dibuat lebih banyak variasi bahan dan lebih besar ukurannya.

Strategi lain pedagang martabak dan terang bulan adalah dengan membuat terang bulan mini, maksudnya terang bulan berukuran kecil. Ada juga yang membedakan buatan mereka dari segi bahan baku. Bisa juga mereka memberi merk tersendiri. Bisa kebarat-baratan seperti holland atau nama yang menunjuk daerah asal si pembuat seperti bangka. Karena yang satu laris akhirnya nama yang sama semakin menjamur.

Mumpung belum ada yang memberi nama, mengapa tidak mencoba merk Terang Matahari? Ukuran terang matahari jelas lebih besar dari terang bulan. Martabak manis yang paling besar dapat diberi nama terang matahari. Nomor 2 paling besar bisa diberi nama terang yupiter sampai yang paling kecil terang pluto. Terang Saturnus, merujuk pada planet Saturnus yang memiliki cincin, dapat diberi hiasan tertentu yang menyerupai cincin.

Sebelum persaingan semakin ketat dan belum ada yang memulai. Ide ini sangat layak untuk dicoba pedagang martabak dan terang bulan.

2 thoughts on “Martabak Terang Matahari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>