Jangan Menanam Buah Naga 18


Share on Facebook
Share on LinkedIn
Bookmark this on Google Bookmarks
Share on StumbleUpon

Beberapa tahun lalu sempat ramai diberitakan mengenai budidaya buah naga. Beberapa hal yang ditonjolkan dalam pemberitaan yang ada terutama mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan. Juga diceritakan cara tanam buah naga sehingga kesan yang muncul mudah sekali menanam buah naga. Masa panen pun hanya 1-1,5 tahun eh.. ada yang berani menyebut 6 bulan sejak ditanam sudah bisa dipanen. Sehingga sangat besar keuntungan yang bisa didapat jika anda tertarik membudidayakan buah naga. Dalam 1 kali panen bisa langsung balik modal, panen berikutnya sudah menguntungkan. Cerita manis yang didengar cukup membuat orang-orang berbondong-bondong ikut menanam buah naga sebagai sumber penghasilan.

Tidak ada yang salah dengan pemberitaan tersebut. Tapi jangan langsung menganggap informasi tersebut sudah lengkap. Banyak hal dalam proses budidaya buah naga yang tidak diceritakan. Apa saja? Artikel ini mudah-mudahan dapat dijadikan salah satu sudut pandang yang berguna sebelum mengambil keputusan untuk budidaya buah naga ataupun tanaman lainnya.

Tujuan

Keinginan menanam buah naga perlu dipastikan sekedar iseng hanya coba-coba atau serius berbisnis buah naga. Bisnis apapun di mana pun pasti memerlukan keseriusan dalam mengelolanya.

Karakter Buah Naga

Menanam buah naga memang gampang yang susah adalah memeliharanya sampai bisa berbuah. Belum lagi masalah jika buah yang dihasilkan kecil-kecil dan masam. Pemangkasan sulur yang muncul harus sering dilakukan. Buah Naga sebagai keluarga kaktus tidak suka air terlalu banyak harus diperhatikan genangan air pada musim hujan. Ingat, buah naga memerlukan perawatan secara rutin terutama pada masa pertumbuhan. Perhatian yang penuh sangat diharapkan dapat diberikan pengelola terhadap buah naga. Jika anda tidak punya waktu sekitar 1-2 jam setiap hari sepanjang tahun pertama untuk merawat, sebaiknya urungkan niat untuk budidaya buah naga.

Bisnis Buah Naga

Bisnis buah naga termasuk bisnis yang dibesarkan oleh isu. Mirip bisnis tanaman hias beberapa tahun lalu. Kemudian, sebagaimana umumnya buah-buah atau tanaman lain harganya akan naik turun. Harga buah tahun ini beda dengan tahun lalu, beda juga dengan tahun depan. Banyak faktor yang mempengaruhi bisnis buah-buahan. Masuknya buah impor, gagal panen, hasil panen yang melimpah beberapa diantaranya. Faktor lain, semakin banyaknya orang yang ikut menanam buah naga. Harga buah naga merah lokal musim panen 2011-2012 ini di pulau jawa antara 15 ribu sampai 25 ribu tiap kilogram di daerah perkotaan. Bandingkan dengan musim panen tahun 2010-2011 yang mencapai harga 50 ribu/kg. Tahun depan? Entah, bisa turun bisa naik. Harus siap mental menghadapinya.

Pemain Lama

Orang-orang yang paling getol mengatakan bahwa bisnis buah naga masih menguntungkan adalah orang-orang yang sudah lebih dari 3 tahun menanam buah naga dan sudah kembali modal bahkan sudah memperoleh hasilnya. Tentu saja! Waktu itu persaingan belum ramai. Masyarakat juga penasaran ingin menikmati rasa buah naga. Sekarang, para pemain lama tetap bicara budidaya buah naga masih menguntungkan karena mereka masih menanam buah naga. Sepertinya alasan yang benar adalah sulur buah naga harus diremajakan secara rutin dengan memotong sulur tua yang sudah berbuah. Sulur tua itulah yang dijadikan bibit buah naga. Pemotongan sulur harus dilakukan kalau ingin buah naga terus menghasilkan dengan baik. Jumlah sulur harus tetap dijaga agar tidak terlalu banyak. Alasan lain, buat pemain lama tentunya biaya perawatannya sudah tidak terlalu tinggi dibandingkan jika harus membuka lahan baru.

Jika anda mengetahui seluk-beluk perkebunan atau bisnis buah-buahan silahkan ikut menanam buah naga. Tetapi jika anda hanya orang awam yang ingin serius atau bahkan sekedar iseng sebaiknya cobalah nya dengan menanam beberapa batang terlebih dahulu. Jika buah naga yang anda tanam berbuah silahkan ditekuni. jika tidak, jangan menanam buah naga!

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *