Es Doger Murah 2


Share on Facebook
Share on LinkedIn
Bookmark this on Google Bookmarks
Share on StumbleUpon

DSC00183Minuman pelepas dahaga yang terasa nikmat salah satunya adalah es doger. Di Malang banyak terdapat gerobak atau rombong yang berjualan es doger dengan embel-embel Es Doger Bandung. Campuran es doger terbuat dari ketan hitam, tape, mutiara, kelapa muda, serutan es, roti, susu putih/coklat dan sirup. Semuanya dicampur jadi satu dalam sebuah gelas kecil berukuran kira-kira 300cc. Rata-rata dijual seharga Rp. 3.000,-/gelas.

Gerobak tempat mereka berjualan biasanya tidak didesain secara menarik. Mungkin dengan pertimbangan untuk menekan biaya. Berdasarkan informasi dari salah seorang penjual es doger bandung didapat hal-hal yang menarik untuk dipelajari. Orang tersebut hanyalah salah seorang pegawai dari pengusaha es doger yang memiliki 8 gerobak dorong Es Doger Bandung di Malang. Omset gerobak yang dikelola pegawai tersebut rata-rata mencapai maksimal Rp. 100.000,-/hari di jalan Soekarno Hatta. Suatu omset yang relatif kecil. Tetapi salah satu gerobak didaerah lain mampu menghasilkan omset di atas Rp. 300.000,-/hari. Pada musim puasa lalu, pegawai tersebut mengalami kenaikan omset menjadi sekitar Rp. 200.000,-/hari.

DSC00185Satu hal yang menarik, saat bulan puasa pengusaha Es Doger Bandung, majikan dari pegawai tersebut, juga berjualan es doger di jalan Soekarno Hatta di lokasi yang berjarak hanya 200 meter dari tempat pegawai tersebut berjualan. Perbedaannya, lokasi baru tersebut merupakan pusat keramaian yang hanya ada saat musim puasa tiba. Selain itu es doger juga disajikan bukan dalam sebuah gerobak melainkan mobil pick up. Omset yang dihasilkan? Mencapai 1 juta rupiah setiap harinya.

Terkadang perbedaan lokasi yang hanya berjarak tidak terlalu jauh dapat menghasilkan perbedaan omset yang signifikan. Selain keramaian masyarakat perlu juga dipelajari arus lalu lintas, kemudahan parkir dan posisinya terhadap pertigaan dan perempatan. Agar omset dapat meningkat, dapat dilakukan uji coba lokasi. Jangan ragu untuk memindahkan lokasi usaha sejarak puluhan meter saja jika lokasi baru dianggap memiliki potensi lokasi yang jauh lebih strategis.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *